test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaPolitikaBawaslu DIY Gandeng Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta Ajak Mahasiswa Dukung Pelaksanan Pemilu...

Bawaslu DIY Gandeng Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta Ajak Mahasiswa Dukung Pelaksanan Pemilu 2024

JOGJAEKSPRES.COM – Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta diminta terlibat langsung dalam pengawasan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Mereka juga diharapkan aktif dalam pemilu 2024 dengan cara menyampaikan pesan positif tentang pemilu kepada masyarakat.

“Hari ini Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta melakukan MoU kerjasama dengan Bawaslu DIY dalam rangka mendorong pemilu yang berkualitas yang bisa menghadirkan partisipasi masyarakat khususnya mahasiswa,” ujar Rektor UNU Yogyakarta, Widya Priyahita M.Pol.Sc, Selasa (9/1/2024).

Baca Juga : Bawaslu DIY Perbolehkan Parpol Gelar Sosialisasi Sebelum Masa Kampanye, Tapi harus Ikuti Aturan

Widya mengatakan, mahasiwa berperan mendukung pemilu berkualitas dalam pengawasan pemilu akan lebih baik bagi budaya demokrasi Tanah Air.

“Kami punya potensi besar mendukung partisipasi, karena kami punya program KKN. Keterlibatan mahasiswa dalam pengawasan akan lebih baik bagi budaya demokrasi tanah air,” ujarnya.

Widya menambahkan, salah satu hal penting setiap penyelenggaraan pemilu yaitu terkait potret kesadaran masyarakat dalam pemilu itu sendiri.

Menurutnya, negara wajib mengetahui semua cara berpikir masyarakat tentang pesta domokrasi.

“Termasuk mahasiswa kami dorong tidak apatis dalam pemilu. Kami gak ingin mahasiswa sekadar memilih, tetapi terlibat pengawasan,” imbuhnya.

Baca Juga : LBH Arya Wiraraja Siap Bersinergi dengan Kemkominfo dan TNI-Polri dalam Memerangi Berita Hoaks jelang Pemilu

Sementara itu, Ketua Bawaslu DIY Mohammad Najib mengatakan, peran kalangan milenial dalam partisipasi pemilu akan menentukan masa depan Indonesia ke depannya.

Oleh sebab itu menurutnya, kalangan mahasiswa sangat dibutuhkan dalam proses pemilu yang semakin dekat. Terutama memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak suara.

“Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini ada kerjasama antara Universitas nahdatul ulama dengan Bawaslu DIY. Diharapkan dapat berjalan baik. Rektor UNU Yogyakarta berkomitmen melaksanakan dukungan konkret kerja-kerja Bawaslu DIY,” tuturnya. (rls/arf)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU