test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaKulonprogoAREN dan Eco Bhinneka Muhammadiyah Tanam Bibit Pohon Aren

AREN dan Eco Bhinneka Muhammadiyah Tanam Bibit Pohon Aren

JOGJAEKSPRES.COM – Dalam rangka gerakan penanaman 1 juta pohon aren di DIY, Asosiasi Aren Nusantara (AREN) serahkan bibit pohon aren kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo.

Pada tahap awal didukung Eco Bhinneka Muhammadiyah penanaman 4.500 bibit pohon aren akan dilaksanakan pada 29 Oktober 2022 di sekitar waduk Sermo, Kulonprogo, kemudian dilanjutkan di wilayah lain.

Pohon aren itu berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo di Kulonprogo.

Koodinator AREN, Adib Nurhadi, mengatakan, bekerjasama dengan PDM Kulonprogo adakan penanaman bibit pohon aren kaitannya dengan dukungan terhadap agenda Green Muktamar.

Untuk persiapan tanam perdana pohon aren, PDM Kulonprogo telah mengadakan audiensi dengan Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana.

Pada kesempatan itu Penjabat Bupati Kulonprogo sangat mendukung dan antusias membicarakan adanya penanaman bibit pohon aren.

“Pohon aren saat ini mulai langka,” terang Warsito, anggota AREN, yang juga petani transmigrasi sukses di Riau asal DIY.

Dikatakan Warsito, pohon aren memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat mencegah terjadinya erosi tanah.

Selain itu, daunnya yang cukup lebat dan batang yang tertutup lapisan ijuk sangat efektif menahan air hujan yang turun ke permukaan tanah.

“Pohon aren dapat tumbuh pada tebing-tebing daerah aliran sungai sehingga pohon aren bisa sebagai pencegah longsor,” ungkap Warsito. (afn)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU